Mengenal Desain Grafis - Desain Grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi. 

Seberapa penting komunikasi visual hadir di kehidupan kita?apa yang kita lihat sepanjang jalan merupakan hasil karya komunikasi visual yang diciptakan oleh seorang desain grafis. Apa yang bisa dilihat, dirasakan, dan diaplikasikan merupakan bagian dari komunikasi visual.

Hal-hal yang mampu menggoda mata audience adalah tampilan pada komunikasi visual yang ditampilkan seperti jenis font atau tipografi yang menarik, gambar visual yang mampu menggoda audience, dan tampilan warna yang dapat memberikan kesan dan rasa yang sampai kepada audience.

Wujud-wujud desain grafis dapat dengan mudah ditemui di mana-mana. Brosur, surat kabar, surat-surat tagihan, kartu kredit, tagihan listrik, uang, halaman Facebook, twitter, di BB, di iPad, iklan majalah, billboard, rambu lalu lintas, logo, pada papan nama restoran, pada bungkus permen, pada kartu nama, dan lain-lain, semua itu adalah wujud desain grafis yang sering dijumpai.

Kalau diperhatikan, rata-rata diterapkan dalam bidang datar (dua dimensi). Semua benda itu fungsinya untuk berkomunikasi, menyampaikan identitas dan pesan dari suatu pihak ke pihak lainnya. 

Contohnya sebuah billboard berisi Iklan sepeda motor, bertujuan untuk: menyampaikan identitas dan pesan ajakan dari si produsen kepada masyarakat: “Ayo CEPAT beli motor ini, gesit dan irit”. 

Supaya dapat ditangkap lebih cepat dan tepat oleh target audience, maka pesan-pesan yang berupa teks, gambar, foto, maupun elemen lainnya itu diberi identitas, ditata letaknya, diberi warna dan atribut lain yang menarik perhatian. Itulah desain grafis. 

Sedangkan Desainer Grafis adalah pelaku desain grafis, yang mewujudkan/menerjemahkan pesan-pesan (abstrak) tersebut ke dalam wujud (kongkrit) yang bisa dilihat, dipegang dan dirasakan.

Jadi posisi desainer grafis adalah sebagai jembatan antara pihak pengirim pesan (klien, atau bisa juga dirinya sendiri) dan pihak penerima pesan (target audience).

Post a Comment