BIJI TANAMAN BUAH

BAGIAN-BAGIAN DARI BIJI TANAMAN BUAH - Biji dalam perkembangannnya terdiri dari 3 area dasar, yang antara lain embrio, jaringan penyimpan makanan, serta pelindung biji.

Embrio yaitu area biji yang bisa tumbuh menjadi tanaman baru. Embrio terbentuk dari bersatunya gamet jantan serta betina terhadap sistem pembuahan. Embrio yang berkembang prima akan mempunyai bagian-bagian layaknya epikotyl (calon pucuk), hipokotyl (calon akar), serta kotyledon (calon daun). 

Tanaman terhadap kelas angiospermae diklasifikasikan oleh banyaknya kotyledon. Tanaman monokotil memiliki satu kotiledon layaknya terhadap bawang, sementara tanaman dikotil memiliki dua kotiledon layaknya terhadap kacang-kacangan. 

Tanaman dari kelas gymnospermae lazimnya memiliki lebih dari dua kotiledon, contohnya pinus yang memiliki 15 kotiledon. terhadap tanaman famili rumput-rumputan, kotiledon berupa menyerupai perisai yang dikatakan scutellum, kuncup embrioniknya dikatakan koleoptil serta area bawah terkandung akar embrionik yang dikatakanradikula yang ditutupi oleh upih pelindung yang dikatakan coleorhiza. 

Jaringan penyimpan makanan yaitu area biji yang berfungsi sebagai cadangan makanan buat peningkatan embrio. terhadapmasing-masing jenis tanaman, jaringan penyimpan makanan mempunyai sebutan yang berbeda, antara lain kotiledon terhadapkacang-kacangan, endosperm terhadap jagung, perisperm terhadap famili Chenopodiceae, serta gametphyte betina yang haploid terhadap pinus. 

Cadangan makanan yang tersimpan dalam biji lazimnya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta mineral. Komposisi serta persentasenya lain hal didasarkan jenis biji. 

Pelindung biji yaitu area biji yang melindungi embrio serta jaringan penyimpan makanan dari lingkungan luar. Pelindung biji terdiri dari sebagian area yakni kulit biji, sisa nukleus, serta endosperm serta kadang-kadang area dari buah. 

Kulit biji berasal dari integumen ovule yang merasakan modifikasi sepanjang sistem penjawantah biji terjadi. Kulit biji kebiasaannya keras serta kuat serta berwarna coklat serta area dalamnya tipis serta berselaput serta berfungsi buat melindungi biji serta kekeringan. 

Dalam Perihal pemakaian cadangan makanan terkandung perbedaan antara kelas monokotil serta dikotil, yaitu terhadap sub kelas monokotil cadangan makanan dalam endosperm baru akan dicerna sehabis biji masak serta berkecambah sehabis menyerap air. sementara tanaman dikotil cadangan makanan terkandung terhadap kotiledon atau perisperm telah mulai dicerna serta diserap oleh embrio sebelum biji masak.

Sumber : Pustaka Ilmu: BAGIAN-BAGIAN DARI BIJI TANAMAN BUAH: BIJI TANAMAN BUAH BAGIAN-BAGIAN DARI BIJI TANAMAN BUAH

1 Comments

  1. Ketemu juga artikel ini. Terimakasih ya, saya jadi bisa mengerjakan tugas kampus

    ReplyDelete

Post a Comment