Jurusan Psikologi : Materi Yang Dipelajari, Prospek Kerja, Daftar Universitas Psikologi Terbaik di Indonesia, mungkin ini satu dari sekian banyak jurusan yang telah pembaca ketahui. Kata Psikologi berasal dari bahasa Yunani, yakni psyche dan logos. Psyche memiliki arti “jiwa”, dan logos artinya “ilmu”. Sehingga, secara sederhana dapat dikatakan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

Lebih lengkapnya, psikologi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang pemikiran dan tingkah laku manusia. Artinya, hampir segala macam hal yang dilakukan oleh manusia dipelajari di dalam ilmu psikologi. Perilaku-perilaku yang dipelajari biasanya tergambarkan dari mata kuliah yang diambil. Misalnya, di mata kuliah Sistem Syaraf dan Tingkah Laku, kamu akan mempelajari tentang aktivitas sistem syaraf dan otak yang mempengaruhi perilaku manusia.

Seperti mata kuliah Psikologi Perkembangan, dimana kita akan belajar tentang perkembangan fisik dan psikis manusia sejak lahir hingga menjelang wafat. Misalnya, sebenarnya usia remaja itu sudah pas belum sih untuk mulai menjalin hubungan romantis (atau yang biasa disebut dengan pacaran) dengan lawan jenis? Atau ketika kamu memasuki tahapan lanjut usia, bagaimana sih perubahan fisik dan psikis yang akan terjadi? Dan sebagainya.

Begitu juga mata kuliah Teori Kepribadian, yang mana kamu akan belajar tentang karakteristik dan kepribadian manusia secara lengkap. Misalnya, orang dengan kepribadian ekstrovert dan/atau introvert itu seperti apa sih? Dan berbagai macam teorinya akan kamu pelajari, sehingga pada nantinya, ketika kamu sudah menjadi lulusan psikologi, kamu akan bisa melihat perilaku seseorang dan “menduga” kepribadian atau karakteristiknya.

Mata kuliah Metode Intervensi mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Makanya mungkin kamu akan merasa nyaman ketika curhat ke seorang mahasiswa ataupun Psikolog, karena kami memang mempelajari hal tersebut.

Satu lagi mata kuliah yang menarik yaitu Hubungan Interpersonal. Buat kamu yang mau belajar tentang cinta, persahabatan, cemburu, selingkuh, dan lain-lain, di mata kuliah ini kamu akan belajar secara lengkap. Misalnya, karakteristik seseorang yang lagi jatuh cinta itu seperti apa? Bisa kamu bayangkan, mahasiswanya saja mempelajari cinta untuk memastikan kualitas cinta yang diberikan kepada pasangannya selalu jadi yang terbaik, hehe.

Banyak sekali mata kuliahnya kalau harus digambarkan satu persatu. Intinya, bidang psikologi itu banyak! Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Eksperimen, Psikologi Perkembangan, Psikologi Olahraga, Psikologi Penerbangan, dan lain-lain.


8. Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Perlu kamu ketahui bahwa untuk menjadi seorang Psikolog (profesi), setelah menyelesaikan masa studi selama kurang lebih 4 tahun di universitas, kamu perlu melanjutkan studi ke jenjang S2 Profesi. Namun, bukan berarti lulusan jenjang S1 (Sarjana Psikologi dengan gelar S.Psi) tetap memiliki prospek kerja yang sangat banyak! Kamu bisa menekuni bidang kerja yang sesuai dengan minatmu, diantaranya:


1. HRD

Jika kamu berminat untuk bekerja di bidang industri atau organisasi, nantinya kamu bisa mengambil posisi di HRD perusahaan apapun yang ada di dunia. Kenapa? Karena semua perusahaan pasti memiliki HRD untuk menjamin kesejahteraan karyawannya dan mengkondusifkan lingkungan kerja.


2. Konsultan

Mahasiswa yang belajar ilmu perilaku manusia di bidang tertentu pastinya akan memiliki penguasaan lebih. Jika kamu menekuni ilmu Psikologi Perkembangan, maka kamu dapat memilih profesi sebagai konsultan perkembangan anak, remaja, ataupun dewasa. Jika kamu menekuni ilmu Psikologi Klinis, kamu tentu dapat menjadi konsultan permasalahan kesehatan mental ataupun gangguan kejiwaan.


3. Konselor

Jika kamu senang berinteraksi dengan individu ataupun masyarakat, menjadi konselor merupakan pilihan yang tepat. Kamu dapat menangani permasalahan individu ataupun masyarakat dengan metode konseling yang tentunya sudah diajarkan ketika menjalani perkuliahan, sehingga permasalahan yang kamu tangani dapat terselesaikan dengan efektif.


4. Analis

Keberatan dengan kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh pemerintah? Ingin membuat pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik? Jika kamu berminat menekuni bidang pendidikan, menjadi seorang analis jadi pilihan yang tepat. Mahasiswa psikologi yang mempelajari proses perkembangan manusia sekaligus mempelajari Psikologi Pendidikan tentunya mampu melakukan analisis terhadap kebijakan kurikulum yang dibuat oleh pihak yang berwenang. Misalnya, apakah materi tertentu sudah sesuai jika harus diberikan kepada siswa tingkatan kelas tertentu, atau sebenarnya untuk anak seusia SD, materi pelajaran apa yang sesuai untuk mendukung perkembangannya secara maksimal? Kamu juga dapat melakukan analisis di bidang lain yang kamu minati.


5. Peneliti

Suka dengan dunia penelitian? Ingin membuktikan dugaan yang kamu punya terkait fenomena dalam diri manusia yang terjadi? Dengan mendalami ilmu psikologi, kamu dapat membuktikan hal-hal yang mungkin saat ini kamu percayai benar, namun ternyata setelah dilakukan penelitian hasilnya salah. Misalnya, apakah benar jika golongan darah berpengaruh terhadap kepribadian manusia? Dan fenomena menarik lainnya. Jurusan psikologi mempelajari metode penelitian dan statistika secara mendalam, sehingga para lulusannya pun diharapkan mampu untuk membuat penelitian-penelitian yang akan mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan di Indonesia, bahkan dunia. Semua perusahaan pun sudah mempunya bidang R&D (Research and Development) untuk melakukan penelitian yang dapat berguna bagi perusahaan, sehingga kamu yang punya minat meneliti memiliki lapangan kerja yang luas.


6. Dosen

Kamu ingin mengabdi untuk dunia pendidikan? Ingin menyampaikan kembali ilmu yang sudah diperoleh kepada calon-calon lulusan jurusan psikologi? Maka ini pilihan tepat. Tentunya setelah proses belajar selama kurang lebih 4 tahun, disertai dengan masa studi S2, kapasitasmu untuk menjadi seorang pengajar mata kuliah yang berkaitan dengan psikologi di universitas tidak perlu diragukan lagi. Kamu hanya perlu untuk belajar menjadi seorang penyampai ajaran yang baik untuk mendukung ilmu yang sudah kamu punya. Tentunya dengan semakin berkembangnya ilmu psikologi, institusi-institusi membutuhkan para pengajar yang kompeten. Apakah kamu salah satunya?


7. Guru Bimbingan dan Konseling

Pernah masuk ruang guru BK saat SMA? Ingin menjadi sosok yang teduh dan menyenangkan untuk siswa agar bisa meningkatkan potensi belajarnya? Maka kamu bisa menjadi guru BK setelah menyelesaikan studi di jurusan psikologi. Berkembangnya dunia pendidikan tentu memberikan efek tertentu terhadap para siswa, sehingga sangat memungkinkan terjadinya masalah-masalah belajar seperti kurangnya motivasi, kesalahan metode belajar, dsb. Nah, tugas guru BK salah satunya adalah membimbing siswa untuk bisa memotivasi dirinya sendiri dan menemukan potensi terbaiknya.


8. Motivator (Public Speaker)

Suka berbicara di depan umum? Mampu mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan? Senang memotivasi orang lain? Maka pilihan karir sebagai public speaker (motivator) menjadi hal yang tepat setelah lulus dari jurusan psikologi. Kamu bisa berbagi kebaikan dengan meningkatkan motivasi di dalam diri orang lain, juga punya waktu kerja yang fleksibel sesuai dengan perjanjian dengan pihak yang mengundang.

Dan masih banyak sekali bidang-bidang pekerjaan lainnya yang kamu bisa pilih, selama masih terdapat manusia di dalamnya. Kenapa seperti itu? Karena psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia.


Daftar Kampus yang terdapat Jurusan Psikologi

Kamu dapat mempelajari psikologi di universitas yang kamu inginkan. Umumnya, prodi Psikologi masuk ke dalam rumpun IPS, seperti di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan sebagainya. Namun, beberapa universitas seperti Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka prodi Psikologi dalam rumpun IPA.

Jalur masuknya pun sama seperti universitas lain pada umumnya, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri masing-masing universitas. Terkait info lintas jurusan, beberapa universitas memang memperbolehkan untuk lintas jurusan melalui jalur SNMPTN.

Namun memang persentase kelulusannya lebih kecil dibandingkan mereka yang berasal dari jurusan yang selaras. Oleh karena itu, jika ingin memiliki peta persaingan yang seimbang, silahkan manfaatkan jalur ujian tulis yang memang mengesampingkan jurusan saat SMA.

Secara keseluruhan, ada 110 perguruan tinggi, baik PTN maupun PTS, yang menyediakan program studi S-1 Psikologi. Dari 110 perguruan tinggi tersebut, ada 13 perguruan tinggi yang mempunyai jurusan psikologi dengan akreditasi A, yaitu (urutan sesuai abjad):


Perguruan Tinggi Jenis Program Studi Akreditasi
Universitas Airlangga (Unair), Surabaya PTN Psikologi A
Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta PTN Psikologi A
Universitas Tarumanagara (Untar), Jakarta PTS Psikologi A
Universitas Gunadarma, Depok PTN Psikologi A
Universitas Indonesia (UI), Jakarta PTS Psikologi A
Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta PTS Psikologi A
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta PTS Psikologi A
Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Bantul PTS Psikologi A
Universitas Muhammadiyah Malang, Malang PTN Psikologi A
Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung PTS Psikologi A
Universitas Persada Indonesia YAI, Jakarta PTS Psikologi A
Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta PTS Psikologi A
Universitas Surabaya (Ubaya), Surabaya PTS Psikologi A


Daftar perusahaan yang menerima lulusan psikologi

Berikut beberapa perusahaan lokal dan multi nasional di Indonesia yang menerima lulusan jurusan psikologi.


      Nama perusahaan                  Jabatan kerja          
Snapcart HR Manager
Cigna Talent Management Manager
FOS Search Qualitative Researcher
AXA Learning & Development Assistant Manager
Agung Podomoro Land Recruitment Assistant Manager
Mattel Recruiter
TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Organization Development Specialist
Astra Graphia Information Technology SAP HR Consultant
Robert Walter Talent Acquisition Manager
Traveloka Design Researcher


10 PEDOMAN MEMILIH JURUSAN PSIKOLOGI

Jurusan psikologi adalah salah satu pilihan paling populer di perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia. Selain menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan kepribadian, jurusan psikologi membuka sejumlah besar peluang karir. Jika Anda masih bertanya-tanya apakah mendapatkan gelar psikologi adalah pilihan yang tepat untuk Anda, maka pastikan untuk memeriksa beberapa alasan-alasan yang bagus untuk utama dalam psikologi.

1. Gelar Sarjana dalam Psikologi Dapat Membuka Pintu ke Beragam Karir

Jalur Karir Jurusan Psikologi
Psikologi tentu saja bukan pilihan karir yang cocok untuk semua bidang. Namun, salah satu kekuatan terbesar dari gelar psikologi adalah berbagai jalur karir yang tersedia untuk lulusannya. Siswa dapat menyesuaikan pendidikan dan gelar mereka untuk fokus pada bidang spesifik yang menarik bagi mereka.

Beberapa dari profesi potensial meliputi:
  • Psikologi Klinis
  • Psikologi Olahraga
  • Psikologi Forensik
  • Psikologi Kesehatan
  • Psikologi Industri-Organisasi
  • Faktor Manusia Psikologi


2. Sebuah Gelar Psikologi adalah Jalan yang Sangat Sesuai untuk Mempelajari Lebih Banyak Tentang Diri Anda dan Lainnya

Manfaat Gelar Psikologi
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang-orang berperilaku dengan cara tertentu? Atau mungkin Anda selalu ingin mempelajari lebih lanjut tentang pikiran Anda sendiri, emosi dan tindakan? Mendapatkan gelar dalam bidang psikologi adalah cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang orang-orang. Selain memuaskan minat Anda sendiri tentang manusia, memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang membuat orang melakukan hal-hal tertentu dapat menjadi keterampilan yang sangat berharga dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk pelayanan sosial, periklanan, pemasaran, pendidikan, kesehatan dan politik .


3. Peluang kerja/prospek kerja untuk Jurusan Psikologi sangat Bagus

Prospek Kerja Psikologi
Di Amerika Serikat, U.S. Department of Labor’s Bureau of Labor Statistics, profesi psikolog diharapkan tumbuh hingga sekitar 12 persen sampai tahun 2018. Sementara ini dianggap rata-rata pertumbuhan, permintaan untuk layanan psikologis di sekolah-sekolah, rumah sakit, pusat pengobatan penyalahgunaan zat dan lembaga pelayanan sosial diharapkan dapat mendorong permintaan untuk profesional psikologi yang terlatih. Tiga bidang psikologi diperkirakan akan meningkat permintaannya adalah dalam psikologi klinis, psikologi sekolah dan psikologi organisasi-industri.

4. Bekerja dalam bidang Psikologi Bisa sangat menyenangkan, Menghargai dan Menantang

Bidang Psikologi Relatif Sangat Dihargai
Jika Anda menyukai memecahkan masalah praktis atau teoritis, maka mendapatkan gelar psikologi mungkin dapat menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Beberapa psikolog fokus pada membantu orang mengatasi masalah-masalah emosional yang kompleks atau mengembangkan solusi untuk masalah-masalah dunia nyata. Lainnya mempelajari lebih dalam pemahaman kita tentang pikiran dan perilaku dengan melakukan penelitian dan menambah bagian pengetahuan ilmiah manusia. Tidak peduli yang daerah yang menjadi minat Anda, psikologi menyajikan tantangan unik yang juga bisa sangat bermanfaat.

5. Gelar Psikologi dapat memungkinkan Anda untuk Membuat Perubahan dalam Kehidupan Masyarakat.

Membantu Kehidupan orang lain
Jika Anda pernah bermimpi untuk membuat perbedaan nyata dalam kehidupan orang lain, gelar psikologidapat menjadi cara yang bagus untuk mencapai tujuan tersebut. Psikolog, konselor, terapis dan layanan masyarakat pekerja mencurahkan waktu dan energi mereka untuk membantu orang mengatasi kesulitan, meningkatkan kesejahteraan mereka dan menyadari potensi mereka. Sementara jenis pekerjaan ini dapat secara menyita emosi dan menimbulkan stress, pekerjaan ini juga bisa sangat memuaskan.

6. Pelajari Cara Merekam, Mengatur, Menganalisis dan Menafsirkan data

Metode Penelitian Psikologi

Mahasiswa psikologi akan menghabiskan banyak waktu untuk belajar tentang metode penelitian dan statistik. Bahkan jika Anda tidak terlalu menyukai proses penelitian, belajar lebih banyak tentang bagaimana mengumpulkan, mengatur, menganalisis dan menginterpretasikan data dapat menjadi keterampilan penting dalam berbagai karir. Misalnya, pendidik, administrator, ilmuwan, pemasar dan pengiklan sering melakukan tugas-tugas tersebut untuk membuat keputusan, mengevaluasi kemajuan dan menyelesaikan proyek-proyek.

7. Gelar Bidang Psikologi menjadi latar belakang yang bagus untuk lebih lanjut Kuliah Pascasarjana

Kuliah Pascasarjana

Gelar sarjana dalam psikologi dapat menjadi titik awal yang sangat baik untuk studi pascasarjana lebih lanjut. Banyak siswa memilih untuk mendapatkan gelar sarjana di bidang psikologi, sementara yang lain memilih untuk beralih ke bidang terkait seperti konseling, pendidikan atau pekerjaan sosial. Memiliki latar belakang di bidang psikologi manusia juga dapat menjadi penunjang untuk studi lebih lanjut di berbagai bidang seperti hukum, kedokteran atau ilmu-ilmu kehidupan.

8. Anda Bisa Mengejar Bidang Khusus yang Menjadi Ketertarikan Anda

Spesialisasi Psikologi

Mari kita bayangkan bahwa Anda memiliki minat lain selain minat Anda yang kuat dalam psikologi, Anda juga menyukai olahraga dan kebugaran fisik. Dua bidang ini mungkin tampak tidak terkait pada awalnya, namun sebenarnya mereka dapat dipadukan menjadi area khusus besar yang dikenal sebagai psikologi olahraga. Salah satu manfaat besar dari mendapatkan gelar psikologi adalah bahwa Anda dapat mengejar jalur karir yang baik sejalan dengan gairah dan minat Anda. Seorang mahasiswa yang suka bekerja dengan anak-anak dapat mengkhususkan diri dalam psikologi perkembangan dengan fokus pada pengembangan anak usia dini, sementara siswa lain yang terpesona oleh proses penuaan bisa mendapatkan gelar di subjek yang sama dengan fokus pada geriatri.

9. Sebuah Gelar Psikologi Bisa meng-Impress Pengusaha Tempat Kita melamar kerja

Pekerjaan Psikologi
Anda dapat menggunakan gelar bidang psikologi dapat berguna dalam persiapan untuk berbagai profesi yang berbeda. Keterampilan yang Anda dapatkan selama Anda belajar psikologi seperti analisis data, mengkomunikasikan informasi yang kompleks dan memahami perilaku manusia adalah semua kemampuan yang sangat dihargai oleh atasan.
Menurut Complete Psychology oleh Graham Davey (2007), hanya sekitar 15 sampai 20 persen dari lulusan jurusan psikologi menjadi psikolog profesional atau konselor. Jadi kira-kira apa yang dilakukan tiga-perempat sisanya dengan gelar mereka? Kebanyakan mereka memanfaatkan pengetahuan mereka tentang psikologi untuk bekerja di berbagai profesi termasuk pemasaran, bisnis, iklan, peradilan pidana, pendidikan, penjualan, urusan publik, pelayanan kesehatan, sumber daya manusia dan berbagai daerah lain.


10. Anda sangat menikmati Belajar Tentang Psikologi!

Mencintai Bidang Psikologi
Alasan terbaik untuk mendapatkan gelar dalam psikologi adalah sebuah minat terhadap subyek tersebut. Jika Anda berharap untuk pergi ke kursus psikologi Anda, suka mendiskusikan topik psikologi, menghabiskan waktu luang Anda browsing website psikologi dan suka belajar fakta-fakta baru tentang psikologi, maka kemungkinan mendapatkan gelar psikologi adalah pilihan yang terbaik untuk Anda.
Kurikulum Kompetensi Psikologi S1 2011 Penyempurnaan

Mata Kuliah Semester I SKS Mata Kuliah Semester II SKS
Bahasa Inggris untuk Pemahaman Literatur 2 Rentang Perkembangan Manusia 6
Bahasa Indonesia untuk Penulisan Ilmiah 2 Metode Penelitian psikologi 3
Pancasila dan Kewarganegaraan 3 Biopsikologi 2
Filsafat dan Logika 2 Teori-Teori Kepribadian 6
Psikologi Dasar 6 Psikologi Sosial 6
Statistika 3 Total 23
Kode Etik 2
Total 20

Mata Kuliah Semester III SKS Mata Kuliah Semester IV SKS
Biopsikologi II 3 Teori dan Aplikasi Pengukuran Psikologi 6
Metodologi Penelitian Kuantitatif 4 Kesehatan Mental 3
Psikologi Pendidikan 4 Psikologi Industri 3
Psikologi Komunikasi 4 Intervensi Psikologi 3
Asesmen Dasar 6 2 Mata Kuliah dalam Rumpun Asesmen Psikologi 5
Agama 2 Matakuliah pilihan 3
Total 23 Total 23

Mata Kuliah Semester V SKS Mata Kuliah Semester VI SKS
Psikologi Pendidikan ARBK 4 Satu Mata Kuliah dalam Rumpun
Intervensi Dasar Individu
2
Gangguan Mental 4 Satu Mata Kuliah dalam Rumpun
Intervensi Dasar Kelompok dan Komunitas
2
Psikologi Organisasi 3 Satu Mata Kuliah dalam Rumpun
Intervensi Dasar Organisasi
3
Integrasi Psikologi 2 Matakuliah Pilihan/pilihan wajib sesuai minat 17
Satu Mata Kuliah dalam Rumpun
Intervensi Dasar Individu
2 Total 24
Satu Mata Kuliah dalam Rumpun
Asesmen Psikologi
3
Satu Mata Kuliah dalam Rumpun
Intervensi Dasar Organisasi
2
Satu Mata Kuliah dalam Rumpun
Intervensi Dasar Kelompok dan Komunitas
2
Total 24

Kegiatan Antar Semester SKS Matakuliah Semester VII SKS
Kuliah Kerja Nyata 3 Teknik Penulisan Skripsi 2
Total 3 Matakuliah Pilihan/pilihan wajib sesuai minat 3
Satu Mata Kuliah dalam Rumpun
Intervensi Dasar Organisasi
3
Total 5
Total Keseluruhan 144


Demikianlah artikel tentang Jurusan Psikologi : Materi Yang Dipelajari, Prospek Kerja, Daftar Universitas Psikologi Terbaik di Indonesia, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment