Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan mengacu pada manajemen yang efisien dan efektif dari uang (dana) sedemikian rupa untuk mencapai tujuan organisasi. Ini adalah fungsi khusus yang terkait langsung dengan manajemen puncak. Arti penting dari fungsi ini tidak terlihat di 'Jalur' tetapi juga dalam kapasitas 'Staf' di keseluruhan perusahaan. Telah didefinisikan secara berbeda oleh para ahli yang berbeda di lapangan.

Istilah ini mengacu kepada suatu organisasi atau strategi keuangan perusahaan, sementara keuangan pribadi atau manajemen kehidupan keuangan mengacu pada strategi manajemen individu. Ini termasuk bagaimana meningkatkan modal dan bagaimana mengalokasikan modal, yaitu penganggaran modal. Tidak hanya untuk penganggaran jangka panjang, tetapi juga bagaimana mengalokasikan sumber daya jangka pendek seperti kewajiban lancar. Hal ini juga berkaitan dengan kebijakan dividen pemegang saham.


Definisi Manajemen Keuangan

"Perencanaan adalah dimensi tak terpisahkan dari manajemen keuangan. Manajemen keuangan jangka berkonotasi bahwa arus dana diarahkan menurut beberapa rencana." Menurut James Van Morne 

"Manajemen keuangan adalah bahwa kegiatan manajemen yang berkaitan dengan perencanaan, pengadaan dan pengendalian sumber daya keuangan perusahaan." menurut Deepika & Maya Rani

"Manajemen Keuangan adalah Kegiatan Operasional dari bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan efektif memanfaatkan dana yang diperlukan untuk operasi yang efisien." Menurut Joseph Massie

"Penawaran Bisnis keuangan terutama dengan meningkatnya administrasi dan pencairan dana oleh unit usaha swasta yang beroperasi di bidang non-keuangan industri." Menurut Kuldeep Roy

"Manajemen Keuangan merupakan daerah pengambilan keputusan keuangan, harmonisasi motif individu dan tujuan perusahaan." Menurut Weston dan Brigham

"Manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan bijaksana modal dan pilihan hati-hati sumber modal untuk memungkinkan perusahaan bisnis untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya." Menurut J.F.Bradlery

"Manajemen keuangan adalah penerapan perencanaan dan pengendalian fungsi untuk fungsi keuangan." - Menurut K.D. Willson

"Manajemen keuangan dapat didefinisikan sebagai daerah itu atau mengatur fungsi administrasi dalam suatu organisasi yang berhubungan dengan pengaturan uang tunai dan kredit sehingga organisasi dapat memiliki sarana untuk melaksanakan tujuan sebagai memuaskan mungkin." Menurut Howard & Opton 


Bisnis keuangan dapat didefinisikan secara luas sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan perencanaan, meningkatkan, mengendalikan dan mengelola dana dan dalam bisnis. " Menurut H.G Gathman & H.E Dougall

Manajemen keuangan adalah badan usaha yang bersangkutan dengan penggunaan yang efisien dan efektif baik modal, uang tunai dipinjam atau dana usaha lainnya serta mengambil keputusan yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan dan penambahan nilai dari suatu entity.- Kepher Petra; Universitas Kisii.

Manajemen keuangan tidak hanya untuk bisnis, tetapi juga untuk setiap pengeluaran. Seperti untuk biaya home base atau biaya pemerintah. Pemerintah juga perlu mengelola keuangan untuk mengembangkan negara dan rumah tangga juga perlu untuk mengelola biaya dengan baik - Vinod Verma

"Manajemen keuangan mengacu pada penggunaan yang tepat dan efisien uang" dan memainkan peran penting dalam menganalisis untuk berinvestasi yang menguntungkan. Pengembalian investasi bisnis yang menguntungkan harus lebih besar dari jumlah yang diinvestasikan. Menurut Ibrar Alam tersebut.


Tujuan dari Manajemen Keuangan

Laba maksimalisasi terjadi ketika biaya marjinal sama dengan penerimaan marjinal. Ini adalah tujuan utama dari Manajemen Keuangan.

Maksimalisasi kekayaan berarti maksimalisasi kekayaan pemegang saham. Ini adalah tujuan yang canggih dibandingkan dengan keuntungan sebesar-besarnya.

Kelangsungan hidup perusahaan merupakan pertimbangan penting ketika manajer keuangan membuat keputusan keuangan. Salah satu keputusan yang salah dapat menyebabkan perusahaan menjadi bangkrut.

Menjaga arus kas yang tepat merupakan tujuan jangka pendek dari manajemen keuangan. Hal ini diperlukan untuk operasi untuk membayar biaya sehari-hari misalnya bahan baku, tagihan listrik, upah, sewa dll arus kas yang baik menjamin kelangsungan hidup perusahaan.

Minimalisasi biaya modal dalam manajemen keuangan dapat membantu operasi mendapatkan keuntungan lebih.


Lingkup Manajemen Keuangan

Memperkirakan Kebutuhan Dana: Bisnis membuat perkiraan dana yang dibutuhkan di kedua jangka pendek dan jangka panjang, maka, mereka dapat meningkatkan efisiensi pendanaan. estimasi ini didasarkan pada anggaran mis anggaran penjualan, anggaran produksi.

Menentukan Struktur Modal : Struktur modal adalah bagaimana suatu perusahaan membiayai operasi keseluruhan dan pertumbuhan dengan menggunakan berbagai sumber dana. Setelah persyaratan dana memperkirakan, manajer keuangan harus memutuskan campuran hutang dan ekuitas dan juga jenis utang.

Dana investasi: Sebuah rencana investasi yang baik dapat membawa bisnis keuntungan besar.


Manajemen keuangan untuk Start Up

Untuk perusahaan baru, adalah penting untuk membuat estimasi yang baik pada biaya, penjualan. Pertimbangan sumber panjang yang sesuai keuangan dapat membantu bisnis menghindari masalah arus kas bahkan kegagalan menyiapkan. Ada sisi tetap dan saat ini neraca aset. aktiva tetap mengacu pada aset yang tidak dapat dikonversi menjadi uang tunai dengan mudah, seperti tanaman, properti, peralatan dll.

Aset saat ini adalah item pada neraca entitas yang baik kas, setara kas, atau yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun. Hal ini tidak mudah untuk memulai up untuk meramalkan aset lancar, karena ada perubahan dalam piutang dan hutang.


Manajemen Online Alat Keuangan

Salesforce Faktur dan Landasan Pembayaran: Itu membangun yang kuat, hubungan kolaboratif dengan pemasok, dan terus mencari solusi baru yang memberikan lima cara yang lebih baik untuk bermitra dengan pengguna. Hal ini juga telah bermitra dengan Taulia, penyedia terkemuka pasar faktur, pembayaran, dan solusi manajemen keuangan untuk menyediakan Anda dengan Faktur baru dan Portal Pembayaran. Faktur dan Pembayaran Portal akan memberikan pengguna dengan 24/7 visibilitas ke faktur dan status pembayaran, dan kemampuan untuk menerima tawaran pembayaran awal -. Sepenuhnya gratis

BooksTime: Mereka menawarkan akuntansi & pembukuan solusi remote untuk startups, usaha kecil, dan organisasi nirlaba. Selain menyediakan dashboard keuangan disesuaikan, mereka menangani pelaporan, penganggaran dan peramalan, serta tugas-tugas pembukuan rutin dan juga menangkap-up / bersih-bersih proyek. 

BodeTree: Menyediakan akses real-time ke semua rekening keuangan pengguna dalam satu tempat. Memonitor arus kas, mengungkap tren, dan merencanakan masa depan di bawah lima menit.

Bench: Ini adalah layanan online pembukuan yang menyediakan 'bisnis dengan pembukuan profesional pribadi sendiri di tingkat keamanan bank pengguna pengguna informasi keuangan, dan waktu pajak dukungan untuk membantu menurunkan tingkat stres yang terkait dengan bisnis Anda

Intelli Pembukuan: Sebuah solusi pembukuan remote untuk startups dan usaha kecil. Perusahaan ini mengelola harian, bulanan dan triwulanan tugas keuangan seperti laporan keuangan, arus kas, penganggaran dan peramalan.


Definisi lainnya

Arti Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan berarti perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan kegiatan keuangan seperti pengadaan dan pemanfaatan dana dari perusahaan. Ini berarti menerapkan prinsip-prinsip manajemen umum untuk sumber keuangan dari perusahaan.


Cakupan / Elements

keputusan investasi termasuk investasi dalam aktiva tetap (disebut sebagai penganggaran modal). Investasi dalam aktiva lancar juga merupakan bagian dari keputusan investasi disebut sebagai keputusan modal kerja.

Keputusan keuangan - Mereka berhubungan dengan peningkatan keuangan dari berbagai sumber yang akan tergantung pada keputusan tentang jenis sumber, periode pembiayaan, biaya pendanaan dan pengembalian demikian.

Dividen Keputusan - Manajer keuangan harus mengambil keputusan berkaitan dengan distribusi laba bersih. Laba bersih secara umum dibagi menjadi dua:

Dividen untuk dividen shareholders - dan tingkat itu harus diputuskan.

Saldo Jumlah profits - dari laba ditahan harus diselesaikan yang akan tergantung pada ekspansi dan diversifikasi rencana perusahaan.


Tujuan dari Manajemen Keuangan

Pengelolaan keuangan umumnya berkaitan dengan pengadaan, alokasi dan pengendalian sumber daya keuangan perhatian. Tujuan dapat menjadi-
  • Untuk menjamin pasokan reguler dan dana yang memadai untuk perhatian.
  • Untuk memastikan hasil yang memadai kepada para pemegang saham yang akan tergantung pada kapasitas produktif, harga pasar saham, harapan para pemegang saham.
  • Untuk memastikan pemanfaatan dana yang optimal. Setelah dana diperoleh, mereka harus dimanfaatkan dengan cara maksimal setidaknya biaya.
  • Untuk memastikan keamanan investasi, mis, dana harus diinvestasikan dalam usaha yang aman sehingga tingkat yang memadai pengembalian dapat dicapai.
  • Untuk merencanakan modal suara struktur-Harus ada komposisi suara dan adil modal sehingga keseimbangan dipertahankan antara utang dan modal ekuitas.

Fungsi Manajemen Keuangan

Estimasi kebutuhan modal: Seorang manajer keuangan harus membuat estimasi berkaitan dengan kebutuhan modal perusahaan. Ini akan tergantung pada biaya yang diharapkan dan keuntungan dan program masa depan dan kebijakan dari perhatian. Estimasi harus dibuat dengan cara yang memadai yang meningkatkan kapasitas produktif perusahaan.

Penentuan komposisi modal: Setelah estimasi telah dibuat, struktur modal harus diputuskan. Ini melibatkan jangka pendek dan analisis ekuitas utang jangka panjang. Ini akan tergantung pada proporsi modal perusahaan yang memiliki dan dana tambahan yang harus dibangkitkan dari pihak luar.

Pilihan sumber dana: Untuk dana tambahan yang akan dibeli, perusahaan memiliki banyak pilihan seperti:
  • Penerbitan saham dan obligasi
  • Kredit yang harus diambil dari bank dan lembaga keuangan
  • Simpanan masyarakat untuk ditarik seperti dalam bentuk obligasi.
  • Pilihan faktor akan tergantung pada manfaat relatif dan kerugian dari masing-masing sumber dan periode pembiayaan.
  • Investasi dana: Manajer keuangan harus memutuskan untuk mengalokasikan dana ke usaha menguntungkan sehingga ada keamanan atas investasi dan pengembalian teratur mungkin.

Pembuangan surplus: Keputusan laba bersih harus dibuat oleh manajer keuangan. Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara:

1. Dividen deklarasi - Ini termasuk mengidentifikasi tingkat dividen dan keuntungan lain seperti bonus.


2. Saldo laba - Volume harus memutuskan yang akan tergantung pada expansional, innovational, rencana diversifikasi perusahaan.

Manajemen kas: Manajer Keuangan harus membuat keputusan berkaitan dengan manajemen kas. Kas diperlukan untuk berbagai tujuan seperti pembayaran upah dan gaji, pembayaran tagihan listrik dan air, pembayaran kepada kreditur, pertemuan kewajiban lancar, maintainance saham cukup, pembelian bahan baku, dll

Kontrol keuangan: Manajer keuangan tidak hanya merencanakan, mendapatkan dan memanfaatkan dana tetapi ia juga harus melakukan kontrol atas keuangan. Hal ini dapat dilakukan melalui banyak teknik seperti analisis rasio, peramalan keuangan, biaya dan keuntungan kontrol, dll



Post a Comment