Prospek Kerja Jurusan PsikologiKerja Seorang Psikologi, bagi pembaca yang berniat untuk mengambil jurusan psikologi mungkin pembaca akan berpikir akan jadi apa saya kedepan jika mengambil jurusan psikologi?. Psikologi sendiri adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai manifestasi kejiwaan. Dikarenakan psikologi mempelajari perilaku manusia itu makanya digolongkan kedalam ilmu sosial even ada beberapa universitas yang memasukkan kedalam ilmu sains.

Psikologi terbagi menjadi beberapa bagian besar bidang studinya diantaranya adalah psikologi sosial, klinis, perkembangan dan industri. Diartikel kali ini saya tidak menjabarkan lebih jauh mengenai bidang studinya. Untuk Prospek Kerja Jurusan Psikologi sendiri memiliki banyak pekerjaan yang dapat pembaca tekuni jika mengambil jurusan ini.

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa pembaca tekuni jika telah menyelesaikan pendidikannya dijurusan psikologi:


Human Resources Development (HRD)

Ini pekerjaan yang paling jamak lulusan psikologi, yakni menjadi HRD. Kabar baiknya hampir semua perusahaan membutuhkan HRD. Entah itu dari perusahaan kecil sampai perusahaan yang multinasional. Dari pemerintahan maupun swasta. Semua membutuhkan, oleh karena itu HRD ini paling banyak menyumbang kemana lulusan psikologi bekerja. HRD di dalam industri ada beberapa penyebutan misalnya Human Resources Management (HRM), Human Resources Develompent (HRD), Human Resources (HR), Human Capital (HC). Bidang pekerjaanya adalah handle berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. HRD ini ada beberapa bidang lagi, umumnya terbaik menjadi berikut:
  1. HR Operation, bidang kerjanya berkaitan dengan operasional karyawan semisal absensi, klaim pengobatan.
  2. Compensation and Benefit (CB) berkaitan dengan payroll atau penggajian karyawan include dengan bonus dan privilege untuk karyawan lainnya.
  3. Recruitment berkaitan dengan penerimaan karyawan dari hulu sampai hilir dari seleksi sampai test psikologi dan interview
  4. Organization Development (OD) berkaitan dengan pengembangan organisasi dan berikut berkaitan dengan performance management
  5. Training and Development (TD) berkaitan dengan training untuk pemenuhan kompetensi karyawan dan program pengembangan karyawan

Bidang ini bisa bertambah atau di gabungkan tergantung besar dan kecilnya organisasi. Ada beberapa perusahaan yang sampai memiliki assessor sebagai bidang sendiri aja juga yang di handle seorang diri, alias merangkap: judulnya jadinya HR Generalist (semua di urusin). Jadi belum tentu enak ya jadi HR.

Konselor, lulusan psikologi memungkinkan untuk menjadi seorang konselor misalnya konselor remaja atau yang lainnya, di perusahaan yang levelnya besar jabatan konselor ini ada yang fungsinya berkaitan dengan konseling dengan karyawan yang membutuhkan. Kalau di luar perusahaan biasanya LSM atau NGO yang consent terhadap remaja, anak atau gender.

Psikolog, jika anda lulus S1 psikologi dan melanjutkan kuliah S2 dengan jurusan psikologi klinis maka anda akan mendapatkan gelar psikolog. Psikolog juga digunakan dibanyak industri pemerintah sampai militer dan swasta. Jika di perusahaan biasanya lebih ke recruitment dikarenakan untuk mengeluarkan hasil test psikologi yang memiliki legal hukum adalah psikolog. Sedangkan untuk S1 sebagai tester atau membuat membuat laporan dibawah supervisi dari seorang psikolog. Jika di rumah sakit seorang psikolog bisa menjadi seorang konselor klinis terhadap gangguan jiwa ataupun yang berkaitan dengan hambatan perkembangan mental anak. Namun ada banyak lagi jenis pekerjaan yang ada di psikolog ini. Misalnya mendirikan tempat praktik sendiri seperti seorang dokter. Praktik psikolog ini bisa berkaitan dengan tempat konsultasi ataupun tempat test calon karyawan.

Guru Bimbingan Konseling, jika pembaca berminat untuk menjadi seorang guru maka yang cocok untuk lulusan psikologi adalah menjadi guru bimbingan konseling. Untuk sekolah yang memiliki guru khusus yang berkaitan dengan bimbingan konseling mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Banyak kebutuhan guru bimbingan konseling ini jika dibandingkan dengan yang minat. Namun tidak semua sekolah mempunyai lowongan ini biasanya adalah sekolah swasta yang cukup besar. Tugas dari seorang guru bimbingan konseling adalah memberikan bimbingan dan konseling dengan anak yang berkaitan dengan masalah anak di sekolah seperti berkaitan dengan hambatan belajar ataupun untuk memaksimalkan potensi anak di sekolah.

Dosen Psikologi, jika pembaca yang mengambil jurusan ini meneruskan ke S2 maka pembaca memiliki peluang untuk menjadi seorang dosen. Menjadi seorang dosen untuk sekarang memang di syaratkan yang sudah lulus S2. Untuk menjadi dosen pun banyak pilihannya. Bisa di bidang sosial, perkembangan, klinis, perilaku industri, umum. Jadi kalaupun anda mendaftar menjadi seorang dosen maka akan banyak pilihan sesuai dengan bidang pembaca selama S2 dan juga posisi lowongannya. Apakah mudah menjadi seorang dosen psikologi? Berdasarkan pengalaman untuk S1 yang melanjutkan ke S2 tidaklah banyak sehingga peluang untuk menjadi seorang dosen banyak sekali. Terutama universitas swasta.

Peneliti, untuk yang memiliki passion sebagai seorang peneliti tidak salahnya pembaca mencoba pekerjaan ini. Baik anda seorang lulusan S1 ataupun S2. Banyak lowongan yang membutuhkan seorang peneliti di perusahaan besar dan kalau lembaga penelitian yang sudah terkenal di Indonesia semisal LIPI. Bisa juga menjadi peneliti di LSM ataupun di pemerintahan yang biasanya berkaitan dengan kajian kebijakan public dan jika di perusahaan berkaitan dengan kepuasan pelanggan.

Penulis buku, pekerjaan ini tidak bisa dipandang sebelah mata, coba lihat di toko buku semisal Gramedia, untuk buku yang berkaitan dengan psikologi sangat banyak dan biasanya ditempatkan tersendiri. Untuk buku yang berkaitan dengan psikologi lebih banyak buku yang terjemahan, sedangkan untuk penulis Indonesia belumlah banyak. Sekarang untuk mencari penerbit tidaklah sesusah dulu, kalaupun naskah anda di tolak anda dapat mencoba self publishing yang mulai naik daun di Indonesia. Anda juga bisa menjualnya langsung secara online baik dalam bentuk buku maupun yang berbentuk ebook. Jika karya anda banyak dan berkualitas maka membuat satu buku bisa setara dengan bekerja di perusahaan atau BUMN selama 2/3 tahun.

Penerjemah buku, Selain menjadi penulis buku yang berkaitan dengan psikologi, anda juga bisa menjadi penerjemah buku. Tentunya salah satu syaratnya adalah pengusaan bahasa asing semisal Inggris, Jerman ataupun Arab. Buku yang sudah terkenal di Luar Negeri akan lebih mudah untuk terjual. Banyak penerbit yang mencari seorang penerjemah buku dikarenakan pekerjaan ini belum banyak yang melakukan.

Terapis Anak Berkebutuhan Khusus, sebuah pekerjaan yang menarik jika anda tahu celahnya. Terapis anak berkebutuhan khusus, kalau di Indonesia yang paling banyak adalah terapis untuk anak Autis. Jumlah anak Autis tidak sebanding dengan jumlah terapis yang lulusan psikologi. Terapis ini kerjasama dengan lembaga atau anda bekerja pada sekolah anak berkebutuhan khusus. Untuk pekerjaannya adalah terapi anak agar kembali atau membuatnya dapat mandiri dan sesuai dengan perkembangannya.

Trainer, jika menyukai yang berkaitan dengan pelatihan, pekerjaan menjadi trainer bisa untuk di coba. Trainer disini bisa ikut lembaga training ataupun brand secara personal. Jika ikut lembaga biasanya training yang berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, kelompok ataupun organisasi. Namun jika menjadi trainer brand personal bisa mengambil kelas khusus atau sertifikasi yang menjadi passion anda. Misalnya Hipnotis, Hipnoterasi, atau NLP dan sebagainya. Sangat luas untuk pekerjaan yang berkaitan dengan training. Yang lagi naik daun anda bisa menjadi trainer di event outbond. Kalau outbond ini untuk brandnya lebih familiar. Sedangkan untuk content-nya bisa di customize karena sangat banyak untuk materi yang berkaitan dengan outbond. Untuk penghasilan seorang trainer tidaklah bisa dipandang sebelah mata. Jika anda menjual sebuah training atau pelatihan hasilnya bisa melebihi dari pada menjadi karyawan di perusahaan. Kalau sudah punya brand bahkan untuk pendapatannya satuannya adalah perjam tampil

Guru sekolah kepribadian, selama kuliah pasti akan sering mendengar untuk kata kepribadian, karena ini adalah satu satu domain utama dari jurusan ini. Artikel yang berkaitan dengan kepribadian sudah banyak saya tulis di dalam blog ini. Menjadi guru sekolah kepribadian bukan hal yang tidak mungkin. Apakah memang benar ada sekolah kepribadian? Ada, misalnya di Jakarta ada sekolah kepribadian yang bertujuan untuk misalnya merubah kepribadian anak, atau merubah kepribadian diri, atau kepribadian menjadi public figure yang biasanya diminati orang yang akan atau sudah menduduki jabatan public seperti calon anggota DPR, artis, Anggota DPR ataupun pejabat public lainnya.

Pekerja sosial untuk jenis pekerjaan ini diperlukan orang yang memiliki passion sosial dan semangat untuk melayani yang tinggi. Relawan ini dapat bekerja di LSM atau NGO yang menjamur di Indonesia. Baik yang berkaitan dengan masalah sosial ataupun penyakit ataupun gangguan jiwa. Banyak LSM yang konsen misalnya terhadap masalah sosial, anak gelandangan, pengemis, gelandangan psikotik, masalah anak yang terlantar dan mengalami kekerasan, pengembangan komunitas. Sangat luas sekali. Sedangkan untuk di pemerintahan juga ada, namanya pekerja sosial. Misalnya di kementrian sosial atau kementrian kesehatan membutuhkan banyak sekali pekerja sosial lulusan psikologi.

Pelobi, sepertinya sederhana, namun dalam korporasi yang besar team pelobi ini sangat dibutuhkan misalnya untuk mendapatkan proyek yang baru, untuk negosiasi kesempakatan bisnis, psikologi berperan menjadi salah satu team yang memberikan informasi dan tracking latar belakang partner yang akan di lobi, misalnya berkaitan dengan hobi, kesenangan, pola pengambilan keputusan, kepribadian, hal yang tidak di suka, tempat yang di suka, lengkap sekali. Sebagai informasi untuk perusahaan asing yang ada di Indonesia, untuk negosiasi menerjunkan banyak pelobi, bahwa untuk satu proyek bisa sampai bertahun-tahun baru deal. Ini membutuhkan team yang kuat. Untuk detailnya memang tidak saya sampaikan disini, bagaimana pola-pola negosiasi yang dilakukan.

Research n Development, R n D, ini adalah pekerjaan yang ada pada perusahaan yang digunakan untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk yang akan di pasarkan ke konsumen, tergantung pada bidang industrinya, misalnya untuk Gadget yang dikeluarkan oleh perusahaan Korea untuk produk Samsung, atau Perusahaan Amerika yang mengeluarkan produk Iphone. Dalam researchnya tentu memperhatikan banyak aspek, berkaitan dengan perilaku, tentunya yang memiliki kompetensi ini salah satuny adalah lulusan Psikologi, oleh karena itu dalam research untuk pengembangan produknya misalnya adalah, bagaimana perilaku konsumen Eropa dalam memegang Gadget, Asia bagaimana, kemudian bagaimana perilaku konsumen dalam menyimpan, menggunakan atau misalnya desain yang bagaimana yang dianggap konsumen memiliki nilai wah, dan ini karena pemasarannya global, oleh karena itu harus diperhatikan aspek detail dan diwujudkan dalam produk yang harapannnya tidak ada resistensi dari konsumen dan dapat diterima semua kalangan.

Demikian artikel saya kali ini, informasi yang ada diartikel ini merupakan hasil ketikan saya sendiri dan dari internet. Terus kunjungi blog saya untuk mendapatkan artikel - artikel lainnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment