Manajemen Pemasaran
Marketing is as Not as We Knew it
1.The Principle of the Company :Marketing is a Strategic Business Concept
2.The Principle of The Community: Marketing is Everyone’s Business
3.The Principle of Competition : Marketing war is abaut the value war
(KETIGANYA DISEBUT SEBAGAI FOUNDATION PRINCIPLES)
Marketing is as Not as We Knew it
4.Principle of Retention : Concentrate on loyality, Not Just Satisfaction
5.Principle of integration: Concentrate on Differences, Not just Averages
6.Principle of Anticipation : Concentrate on Proactivity, Not Just Reaction
(KETIGA PRINSIP INI KITA SEBUT DENGAN TOPPING PRINCIPLES)
KONSEP DASAR PEMASARAN 1.Pengertian Pemasaran
2.Konsep Pemasaran
3.Proses Pemasaran
4.Kebutuhan dan Keinginan Manusia
5.Manajemen Pemasaran
6.Strategi Pemasaran
PEMASARAN
Di kehidupan sehari-hari sering kali kita mendengar kalimat pemasaran Apa sih arti pemasaran itu sebenarnya. Pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan ataupun individu untuk memperkenalkan barang atau jasa dengan menggunakan berbagai media seperti iklan surat kabar, majalah, tabloid, brosur, internet, dan lain-lain, pengadaan tempat usaha (termasuk distribusi), penggunaan tenaga penjual dengan harapan barang dan jasa dapat dibeli oleh konsumen.
Definisi /Pengertian pemasaran
Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Philip Kotler & Amstrong (1997) sendiri mengartikan pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain
Definisi PEMASARAN
Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Pendapat lain mengatakan bahwa marketing atau pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Definisi Pemasaran Pemasaran adalah proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap kembali nilai dari pelanggan
Kajian Konsep (1) Perusahaan yang berhasil pada saat ini—baik perusahaan besar atau kecil, laba atau nirlaba, domestik atau global—memiliki fokus pelanggan yang kuat dan komitmen besar terhadap pemasaran
Tujuan pemasaran adalah membangun dan menata hubungan pelanggan yang menguntungkan
Kajian Konsep (2) Pemasaran berusaha menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai unggul dan untuk mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan yang ada dengan memberikan kepuasan
Pemasaran beroperasi dalam lingkungan global yang dinamis yang dapat dengan cepat membuat strategi pemenang di masa yang lalu menjadi ketinggalan zaman
Agar berhasil, perusahaan harus sangat fokus pada pasar
Proses Pemasaran
Proses pemasaran mencakup lima langkah
Empat langkah yang pertama menciptakan nilai bagi pelanggan
Proses Pemasaran Model Sederhana
Proses Pemasaran
Langkah-langkah (1-3)
1.Pertama, pemasar harus memahami pasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan
2.Berikutnya, pemasar merancang strategi pemasaran yang digerakkan pelanggan dengan tujuan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan sasaran
3.Dalam langkah ketiga, pemasar membangun program pemasaran yang benar-benar memberikan nilai unggul
Proses Pemasaran
Langkah-langkah (4-5)
4.Seluruh langkah ini membentuk dasar bagi langkah keempat, membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan, dan menciptakan kepuasan pelanggan
5.Pada langkah terakhir, perusahaan mendapatkan hasil dari hubungan pelanggan yang kuat dengan menangkap nilai dari pelanggan
Memahami Pasar dan Pelanggan
Perusahaan pemasaran terkemuka berusaha lebih jauh mempelajari dan memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggannya
Pemahaman ini membantu mereka merancang penawaran pasar yang memuaskan keinginan dan membangun beban nilai hubungan pelanggan yang dapat dipakai untuk menangkap nilai seumur hidup pelanggan dan pangsa pelanggan yang lebih besar
Hasilnya adalah peningkatan ekuitas jangka panjang pelanggan bagi perusahaan
Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
Kebutuhan adalah keadaan yang muncul dari perasaan kekurangan
Keinginan adalah bentuk kebutuhan manusia yang terbentuk oleh budaya dan kepribadian seseorang
Jika didukung oleh daya beli, keinginan menjadi permintaan
Penawaran Pasar
Penawaran pasar adalah kombinasi produk, jasa, informasi, atau pengalaman yang ditawarkan ke pasar untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan tertentu
Rabun jauh pemasaran (marketing myopia) adalah kesalahan akibat lebih memperhatikan produk tertentu dari perusahaan, alih-alih manfaat dan pengalaman yang dihasilkan oleh produk tersebut
Pertukaran dan Pasar
Pertukaran adalah tindakan untuk mendapatkan objek yang diinginkan dari pihak tertentu dengan menawarkan imbalan
Pasar adalah kumpulan semua pembeli aktual dan potensial dari suatu produk dan jasa
Sistem Pemasaran Modern
Elemen-elemen
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih target pasar dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan target pasar tersebut
Tugas Manajemen Pemasaran
1.Mempelajari kebutuhan & keinginan konsumen
2.Mengembangkan sebuah konsep produk baru yang ditujukan untuk memenuhi kepuasan konsumen
3.Mengadakan Penelitian dan pengembangan terhadap konsep Produk baru
4.Merencanakan desain Produk baru
5.Mengembangkan desain kemasan & merk
6.Menetapkan harga jual yang layak
7.Mengatur kegiatan distribusi
8.Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif melalui sarana Promosi yang sesuai
9.Memeriksa hasil Penjualan
10.Memperhatikan kepuasan Konsumen
11.Memperbaiki dan mengembangkan rencana pemasaran & penjualan
Strategi Pemasaran yang Digerakkan oleh Pelanggan (1)
Untuk merancang strategi pemasaran yang unggul, mula-mula perusahaan harus memutuskan siapa yang akan dilayaninya
Perusahaan melakukan hal ini dengan membagi pasar menjadi segmen pelanggan (segmentasi pasar) dan memilih segmen mana yang akan dituju (target pemasaran)
Strategi Pemasaran yang Digerakkan oleh Pelanggan (2)
Berikutnya, perusahaan harus memutuskan bagaimana cara perusahaan itu melayani pelanggan sasaran (bagaimana perusahaan akan mendiferensiasikan dan memposisikan dirinya sendiri di pasar)
Strategi Pemasaran yang Digerakkan oleh Pelanggan (3)
Perusahaan menyediakan kebutuhan dengan mengedepankan proposisi nilai, sekumpulan keuntungan yang dijanjikan mereka pada pelanggan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan
Proposisi nilai terpenuhi melalui penawaran pasar yang memberikan nilai dan kepuasan pelanggan, menghasilkan hubungan timbal-balik jangka panjang dengan pelanggan
SALAM SUKSES
To be Continue...
Semoga Bermanfaat!!!!!
Post a Comment