Assalamualaikum wr.wb

Teknik Sipil adalah ilmu kuliah yang membahas tentang cara teknologi perancangan, pembangunan, dan renovasi bangunan atau sebuah tempat umum untuk kepentingan banyak orang yang ada di dunia ini. Dengan memperhatikan fungsi dari fasilitas yang dibangunnya untuk banyak orang, misalnya rumah sakit, gedung, jalan raya, jembatan, bendungan, dan gedung pencakar langit dan masih banyak lagi. Jadi bagi para pembaca yang akan mengambil jurusan Teknik Sipil, pembaca akan berkutat dengan hal - hal yang demikian. Enaknya lagi, bagi para pembaca yang telah Lulus dari studynya di Jurusan Teknik Sipil dapat memilih untuk mengambil spesialisasi di berbagai bidang studi, baik dari rekayasa struktural, teknik lingkungan hingga nanoteknologi. Luasnya bidang Teknik Sipil yang menjamin banyaknya pilihan karir, membuat teknik sipil menjadi pilihan populer bagi kalangan mahasiswa.

Sebagai mahasiswa Teknik Sipil, pembaca harus mempunyai minat yang besar dalam bidang desain dan konstruksi, baik dalam skala besar maupun skala kecil. Selama kuliah pembaca juga harus menguasai prinsip mendesain dan mempunyai apresiasi terhadap pentingnya pengaruh konstruksi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Untuk menekuni jurusan ini, pembaca harus kuat dalam bidang Matematika dan Fisika. Karena dua bidang itulah yang akan mendasari Teknik Sipil.

Tugas-tugas proyek seringkali memerlukan penelitian tambahan di luar jam kuliah. Oleh karena itu pembaca haruslah menjadi seorang pribadi yang mau bekerja keras, terorganisir dan bisa memotivasi diri sendiri.

Proses Pembelajaran 

Kebanyakan universitas mewajibkan calon mahasiswa yang mendaftar di Jurusan teknik Sipil untuk mencapai nilai A untuk mata pelajaran Matematika dan Sains. Gelar BEng bisa pembaca peroleh dalam 3 tahun, dan gelar MEng dalam waktu 4 tahun. Jika pembaca memilih untuk berkuliah di Skotlandia, pembaca akan membutuhkan waktu lebih lama, yaitu 1 tahun lebih lama untuk mendapatkan gelar tersebut.

Kebanyakan program akan menilai pembaca, dari proyek individual yang pembaca kerjakan. Pembaca juga diharuskan untuk mengambil penempatan kerja. Mayoritas universitas mempunyai hubungan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknik Sipil yang akan membantu para pembaca sekalian dalam menemukan penempatan kerja.

Selain kegiatan praktek, para pembaca juga harus menghadiri kelas kuliah secara teratur dan menghadiri ujian tertulis pada waktu yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, para pembaca harus fasih berbahasa Inggris. Karena alasan tersebut, banyak universitas mengharuskan para calon mahasiswanya untuk lulus dalam Tes IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

Prospek Kerja Teknik Sipil

Prospek kerja yang tersedia untuk para lulusan Jurusan Teknik Sipil sangat beragam, tergantung modul mana yang pembaca pilih sewaktu pembaca sekalian mengikuti kuliah. pembaca yang telah lulus bisa memilih untuk bekerja di bidang seperti properti, konstruksi, maupun produksi.

Sebagai info untuk gaji rata-rata untuk lulusan Teknik Sipil di Inggris termasuk tinggi, yaitu £23,720 per tahun. Keistimewaan lain adalah, pekerjaan di bidang ini sering kali mengharuskan pembaca untuk berpergian ke berbagai tempat untuk mencari data dan informasi penting untuk menyelesaikan proyek. Hal ini tentu juga bisa pembaca manfaatkan untuk sekalian berlibur :)

Tentu saja ada pekerjaan di luar Bidang Teknik Sipil untuk para pembaca. Banyak juga lowongan kerja yang tersedia di Bidang Bisnis, Hukum, Jurnalisme dan Pendidikan.

Bagi pembaca yang studynya di jurusan teknik sipil biasanya akan menjadi pelaksana rancangan yang telah dibuat oleh seorang arsitek. Oleh sebab itu, peluang kerja dari insinyur teknik sipil sangat luas dalam lowongan pekerjaan, dan berikut ini merupakan berbagai Prospek kerja lulusan jurusan teknik sipil yang mungkin perlu pembaca ketahui.

1. Program atau proyek pembangunan

Mahasiswa teknik sipil kelak bisa bekerja dalam sebuah rencana pembangunan, misalnya jalan raya, jalan tol, jembatan, rumah sakit, bendungan dan lain - lain. Negeri kita ini merupakan salah satu negara yang masih menggencarkan pembangunan, jadi menjadi mahasiswa teknik sipil dan kelak turut berkarir di bidang pembangunan fasilitas merupakan salah satu peluang yang baik bagi anda.

2. Bidang Umum

Lulusan teknik sipil masih punya berbagai alternatif dimana dia akan bekerja pilihan prospek, contohnya bisa bekerja di BUMN yang tidak berhubungan dengan industri di bidang konstruksi untuk pembangunan misalnya Telkom dan PLN. Pekerjaan yang dilakukan lulusan teknik sipil pada perusahaan ini contohnya pada prasarana tower telekomunikasi serta bendungan untuk pembangkit listrik. Perusahaan – perusahaan swasta juga dapat menjadi tempat bekerja lulusan teknik sipil termasuk juga perusaah minyak dan pertambangan.

3. Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )

Beberapa BUMN juga menyediakan lowongan untuk anda calon sarjana teknik contohnya di Cipta karya ( Perencanan ), Waskita karya ( Bangunan Gedung ), Hutama karya (Jalan dan jembatan ) dan BUMN-BUMN lainnya.

4. Konsultan / Kontraktor Konstruksi Bangunan

Lulusan jurusan teknik sipil bisa bekerja di bidang pembangunan sebuah kontruksi, contoh posisinya sebagai , struktural engineer, site engineer,drafter dan estimator.

5.Pegawai Negeri Sipil ( PNS )

Instansi-instansi pemerintah juga membutuhkan lulusan teknik sipil. Contohnya pada badan dan dinas seperti Badan perencanaan daerah, PMU-Bina Marga, rumah sakit, Departemen ESDM, Dina tata kota dan pertamanan.

Demikian artikel saya kali ini, semoga menjadi bacaan yang menyenagkan bagi pembaca sekalian dan jangan lupa untuk untuk terus mengunjungi blog karyamud untuk mendapatkan pengetahuan - pengetahuan lainnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment