Jurusan Sistem Informasi - Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari perancangan, pembuatan, dan pengoperasian sistem informasi (khususnya dalam bentuk software). Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pihak yang dimaksud. 

Contoh sistem informasi adalah database, website, dll. Di jurusan SI, pembaca akan mempelajari bagaimana membuat sistem yang menyampaikan informasi-informasi kepada pihak yang dimaksud, termasuk evaluasi ekonomi dari sistem yang dimaksud.

Sistem Informasi (di beberapa perguruan tinggi mengenalnya sebagai jurusan Manajemen Informatika, dsb) lebih mengarah ke penerapan komputer untuk dunia business dan manajemen. Perbedaan SI dan Teknik Informatika adalah Teknik Informatika mempelajari software secara lebih mendalam lagi sedangkan SI mempelajari software untuk sarana membuat sistem informasi.

Di UI Jurusan ini memiliki tiga jenis program, yaitu program S1 kelas regular, program S1 kelas paralel, dan S1 ekstensi bagi yang telah menyelesaikan D3. Kelebihan program S1 kelas paralel adalah kelas yang tidak memberikan batasan tahun kelulusan SMA/sederajat. Jadi buat pembaca yang merasa terlambat dan berumur, jangan malu untuk mengejar passion pembaca di dunia Sistem Informasi. Namun, sayangnya mahasiswa pada program ini tidak berhak mengajukan beasiswa atau pun sistem biaya pendidikan berkeadilan. 

Bidang yang dipelajari dijurusan Sistem Informasi (SI): 

Jadi di jurusan ini pembaca akan mempelajari 3 bidang utama : Komputer, Bisnis, dan Manajemen. 

· Dalam bidang Komputer, kalian akan mempelajari pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan perangkat lunak, arsitektur komputer, sistem operasi
· Dalam bidang Bisnis, kalian akan mempelajari Administrasi bisnis, Sistem informasi Akuntansi, Perilaku Organisasi, Pengembangan dan pemasaran produk, Kewirausahaan, Komunikasi Bisnis, dan lain-lain.
· Dalam bidang Manajemen, kalian akan mempelajari Prinsip-prinsip Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Proyek, dan lain-lain. 

Untuk output yang diharapkan dan direncanakan dari jurusan Sistem Informasi adalah Analisis Sistem Pekerjaan bagi seorang Analisis Sistem = Orang yang menganalisis suatu program yang sedang dibuat. 

Dimana Lulusan Sistem Informasi bekerja ? 

Ada banyak sekali prospek kerja lulusan Sistem Informasi antara lain : System analyst, IT Manager, IT Consultant, IT Auditor, System Integrator, Network Administrator, Software Engineer Information System Developer, Information System Project Manager, Consultant & System Integrator, Database Specialist, Database Administrator, Manajer proyek Pengembangan Sistem, Administrator Sistem dan Web, System Support, Web Developer, Web Content Specialist, Business Process Analyst, Application Developer, E-Business Analyst, ERP Specialist, IT Asset Officer, IT Operation Officer, Network Administrator, Enterpreneur in IT Business.

Beberapa perusahaan yang membutuhkan sarjana lulusan S1 Sistem Informasi (src : ITS Sistem Informasi) adalah:

1. Astra Internasional Posisi yang ditawarkan untuk lulusan S1 Sistem Informasi oleh Astra Internasional adalah IT Analyst. IT Analyst bertugas untuk mendesain software sedemikian rupa untuk menengani permintaan dari pelanggan. Selain itu IT Analyst juga berperan untuk menjaga hubungan baik dengan suppliers. Syarat yang diajukan untuk mengisi posisi ini adalah S1/S2 Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Industri, dan Computer Science. Persyaratan lainnya adalah mampu berpikir analitis dan mampu bekerja secara tim.

2. Asuransi Astra Perusahaan Astra tidak menyebut secara spesifik membutuhkan lulusan dari Sistem Informasi. Namun pada posisi IT Analyst dibutuhkan lulusan S1 dari bidang computer science. Maka dari itu lulusan Sistem Informasi bisa dimasukkan dalam bidang computer science ini. Persyaratan lain untuk melamar pada posisi ini adalah skill berpikir analitis dan logis, bagus dalam berbahasa inggris, adaptif, motivasi tinggi, dan memiliki kepribadian yang menyenangkan.

3. Triputra Group Triputra grup membuka lowongan untuk IT System analyst dengan persyaratan umur maksimal 28 tahun, lulusan S1 Teknik Informatika / Computer / Sistem Informasi, memiliki pengalaman di bidang yang sama kurang lebih selama 1-3 tahun, memahami tentang konsep ERP, memiliki pengalaman dalam mengimplementasikan ERP, terbiasa dengan IT governance concept, pekerja keras, dan berkemauan keras untuk belajar. Selain itu triputra grup juga membuka lowongan pekerjaan sebagai IT Programmer Oracle. Posisi ini nantinya akan berperan sebagai pengelola data base dalam perusahaan. Selain itu posisi ini juga berperan dalam membangun ERP. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengisi posisi ini adalah pembaca memiliki umur maksimal 28 tahun, S1 Teknik Informatika / Computer / Sistem Informasi, memiliki pengalaman di bidang yang sama kurang lebih selama 1-3 tahun, memiliki skill yang bagus dalam menggunakan PL/SQL/Oracle/Workflow, serta memiliki kemampuan berpikir logis dan analitis.

Demikian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat utuk para pembaca sekalian dan jangan bosan - bosan untuk mengunjungi blog Karyamud, untuk mendapatkan artikel - artikel lainnya.

Post a Comment