Sistem Informasi Manajemen

Materi Kuliah Manajemen tentang Sistem Informasi Manajemen - Sebuah sistem informasi manajemen (MIS) berfokus pada pengelolaan sistem informasi untuk memberikan efisiensi dan efektivitas pengambilan keputusan strategis. Konsep dapat mencakup sistem disebut sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, sistem pakar, atau sistem informasi eksekutif. 

Istilah ini sering digunakan dalam studi akademis bisnis dan memiliki hubungan dengan daerah lain, seperti sistem informasi, teknologi informasi, informatika, e-commerce dan ilmu komputer; sebagai hasilnya, istilah ini digunakan bergantian dengan beberapa daerah-daerah. 'Sistem informasi manajemen (plural) sebagai disiplin akademis mempelajari orang, teknologi, organisasi, dan hubungan di antara mereka. 

Definisi ini berkaitan secara khusus untuk "MIS" sebagai program studi di sekolah bisnis. Banyak sekolah bisnis (atau perguruan tinggi administrasi bisnis dalam universitas) memiliki departemen MIS, bersama departemen akuntansi, keuangan, manajemen, pemasaran, dan mungkin derajat penghargaan (di tingkat sarjana, magister, dan doktor) dalam Sistem Informasi Manajemen.

MIS profesional membantu organisasi untuk memaksimalkan manfaat dari investasi di personil, peralatan, dan proses bisnis.


Manajemen 

Ada daerah yang berbeda konsentrasi dengan tugas yang berbeda dan tanggung jawab di manajer sistem informasi mulai dari Kepala petugas informasi (CIO), Kepala kantor teknologi (CTO), direktur IT dan IT manajer keamanan. Kepala petugas informasi (CIO) bertanggung jawab atas strategi teknologi keseluruhan organisasi mereka. Pada dasarnya, mereka lebih dari pengambil keputusan dan pengambil tindakan ketika datang ke menentukan teknologi atau informasi tujuan organisasi dan memastikan perencanaan yang diperlukan untuk melaksanakan tujuan-tujuan tersebut terpenuhi.

Chief Technology Organization (CTO) bertanggung jawab untuk mengevaluasi bagaimana teknologi baru dapat membantu organisasi mereka. Mereka biasanya merekomendasikan solusi teknologi untuk mendukung kebijakan yang dikeluarkan oleh CIO.

Direktur IT termasuk direksi MIS bertanggung jawab atas kedua departemen teknologi informasi organisasi mereka dan pengawasan daripadanya. Mereka juga bertugas melaksanakan kebijakan yang dipilih oleh cabang-cabang lain atas (CIO, CTO). Hal ini peran mereka untuk memastikan ketersediaan data dan layanan jaringan dengan mengkoordinasikan kegiatan IT.

Manajer Keamanan IT mengawasi jaringan dan keamanan data sebagai judul menyiratkan. Mereka mengembangkan program untuk menawarkan informasi dan kesadaran kepada karyawan mereka tentang ancaman keamanan. Tim ini sangat penting karena mereka harus tetap up-to-date pada langkah-langkah keamanan TI agar sukses dalam organisasi mereka. Setiap pelanggaran keamanan perlu diselidiki dan diawasi oleh tim khusus ini.


Sejarah

Kenneth dan Aldrich Estel mengidentifikasi enam era evolusi Sistem Informasi Manajemen sesuai dengan lima fase dalam pengembangan teknologi komputasi:
  • Mainframe dan komputasi komputer mini,
  • Komputer pribadi,
  • Jaringan client / server,
  • Komputasi perusahaan, dan
  • Cloud computing.

Era pertama (mainframe dan komputer mini) diperintah oleh IBM dan komputer mainframe mereka; komputer ini akan sering mengambil seluruh kamar dan memerlukan tim untuk menjalankan mereka-IBM disediakan perangkat keras dan perangkat lunak. Sebagai teknologi canggih, komputer ini mampu menangani kapasitas yang lebih besar dan karena itu mengurangi biaya mereka. Lebih kecil, minicomputer lebih terjangkau memungkinkan bisnis yang lebih besar untuk menjalankan pusat-pusat komputasi mereka sendiri di-rumah / di tempat / lokal.

Era kedua (komputer pribadi) dimulai pada tahun 1965 sebagai mikroprosesor mulai bersaing dengan mainframe dan minicomputer dan mempercepat proses desentralisasi daya komputasi dari pusat data yang besar untuk kantor kecil. Pada akhir 1970-an, teknologi komputer mini memberi jalan untuk komputer pribadi dan relatif komputer murah yang menjadi komoditas pasar massal, yang memungkinkan perusahaan untuk menyediakan karyawan mereka akses ke kekuasaan yang sepuluh tahun sebelum akan biaya puluhan ribu dolar komputasi. 

Proliferasi ini dari komputer menciptakan pasar yang siap untuk interkoneksi jaringan dan mempopulerkan Internet. (CATATAN bahwa mikroprosesor pertama - sebuah perangkat empat-bit ditujukan untuk kalkulator diprogram -. Diperkenalkan pada tahun 1971 dan sistem berbasis mikroprosesor yang tidak tersedia selama beberapa tahun The MITS Altair 8800 adalah umumnya dikenal sistem berbasis mikroprosesor pertama, diikuti erat dengan Apple I dan II. 

Dapat dikatakan bahwa sistem berbasis mikroprosesor tidak membuat terobosan signifikan dalam penggunaan komputer mini sampai tahun 1979, ketika VisiCalc diminta rekor penjualan Apple II di mana ia berlari. IBM PC diperkenalkan pada tahun 1981 lebih luas cocok untuk bisnis, tetapi keterbatasan gated kemampuannya untuk menantang sistem komputer mini sampai mungkin akhir 1980-an untuk awal 1990-an.)

Sebagai kompleksitas teknologi meningkat dan biaya menurun, kebutuhan untuk berbagi informasi dalam suatu perusahaan juga tumbuh-menimbulkan era ketiga (client / server), di mana komputer pada jaringan akses umum berbagi informasi tentang server. Hal ini memungkinkan ribuan bahkan jutaan orang mengakses data secara bersamaan. Era keempat (perusahaan) yang aktif oleh jaringan kecepatan tinggi, diikat semua aspek dari perusahaan bisnis bersama-sama menawarkan akses informasi yang kaya meliputi struktur manajemen yang lengkap. Setiap komputer digunakan.

Era kelima (komputasi awan) adalah yang terbaru dan menggunakan teknologi jaringan untuk memberikan aplikasi serta penyimpanan data independen konfigurasi, lokasi atau sifat hardware. Ini, bersama dengan kecepatan tinggi ponsel dan jaringan Wi-Fi, telah menyebabkan tingkat baru mobilitas di mana manajer dapat mengakses MIS jarak jauh dengan laptop, komputer tablet dan smartphone.


Jenis Dan Terminologi

1. Sistem manajemen istilah informasi (mis), sistem informasi, perencanaan sumber daya perusahaan (erp), dan manajemen teknologi informasi (ti) sering bingung. Sistem informasi dan mis adalah kategori yang lebih luas yang mencakup erp. Manajemen teknologi informasi menyangkut operasi dan perusahaan sumber daya teknologi informasi independen tujuan mereka.

2. Sistem informasi manajemen, menghasilkan tetap, laporan terjadwal rutin berdasarkan data yang diambil dan diringkas dari sistem pemrosesan transaksi yang mendasari perusahaan untuk manajer tingkat menengah dan operasional untuk mengidentifikasi dan menginformasikan masalah keputusan semi-terstruktur.

3. Sistem pendukung keputusan adalah program aplikasi komputer yang digunakan oleh manajemen menengah dan tinggi untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk mendukung pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Dss digunakan sebagian besar untuk masalah keputusan semi-terstruktur dan tidak terstruktur.

4. Sistem informasi eksekutif adalah alat pelaporan yang menyediakan akses cepat ke laporan diringkas berasal dari semua tingkatan perusahaan dan departemen seperti akuntansi, sumber daya manusia dan operasi.

5. Pemasaran sistem informasi adalah sistem informasi manajemen dirancang khusus untuk mengelola aspek pemasaran bisnis

6. Sistem informasi akuntansi berfokus fungsi akuntansi.

7. Sistem manajemen sumber daya manusia yang digunakan untuk aspek personil.

8. Sistem otomatisasi kantor mendukung komunikasi dan produktivitas dalam perusahaan dengan mengotomatisasi alur kerja dan menghilangkan kemacetan. SOK dapat diimplementasikan pada setiap dan semua tingkatan manajemen.

9. Sekolah sistem informasi manajemen meliputi administrasi sekolah, dan sering termasuk materi pengajaran dan pembelajaran.

10. Perencanaan sumber daya perusahaan memfasilitasi aliran informasi antara semua fungsi bisnis di dalam batas-batas organisasi dan mengelola koneksi ke stakeholder luar.


Keuntungan

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dengan lewatkan.

1· Perusahaan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka karena kehadiran laporan pendapatan, catatan kinerja karyawan dll Mengidentifikasi aspek ini dapat membantu perusahaan meningkatkan proses bisnis dan operasi.

2· Memberikan gambaran keseluruhan dari perusahaan.

3· Bertindak sebagai komunikasi dan perencanaan alat.

4· Ketersediaan data pelanggan dan umpan balik dapat membantu perusahaan untuk menyelaraskan proses bisnis sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Manajemen yang efektif data pelanggan dapat membantu perusahaan untuk melakukan kegiatan pemasaran dan promosi langsung.

5· MIS dapat membantu perusahaan mendapatkan keuntungan kompetitif. Keunggulan kompetitif adalah kemampuan perusahaan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah, atau unik, bila dibandingkan dengan perusahaan saingan di pasar.

6· MIS laporan bantuan untuk mengambil keputusan dan tindakan pada objek tertentu dengan waktu cepat.


Aplikasi Enterprise

Sistem-juga perusahaan yang dikenal sebagai perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) sistem-menyediakan modul software yang terintegrasi dan database terpadu yang menggunakan tenaga untuk merencanakan, mengelola, dan proses bisnis inti kontrol di beberapa lokasi. Modul sistem ERP dapat meliputi keuangan, akuntansi, pemasaran, sumber daya manusia, produksi, manajemen persediaan, dan distribusi. 

Manajemen rantai suplai (SCM) sistem memungkinkan manajemen yang lebih efisien dari rantai pasokan dengan mengintegrasikan link dalam rantai pasokan. Ini mungkin termasuk pemasok, produsen, pedagang besar, pengecer, dan konsumen akhir.

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) sistem bantuan bisnis mengelola hubungan dengan pelanggan potensial dan saat ini dan mitra bisnis di seluruh pemasaran, penjualan, dan pelayanan. 

Sistem manajemen pengetahuan membantu organisasi memfasilitasi pengumpulan, pencatatan, organisasi, pengambilan, dan penyebaran pengetahuan. Ini mungkin termasuk dokumen, catatan akuntansi, prosedur yang tidak tercatat, praktik, dan keterampilan. manajemen pengetahuan (KM) sebagai suatu sistem mencakup proses penciptaan pengetahuan dan akuisisi dari proses internal dan dunia luar. pengetahuan yang dikumpulkan dimasukkan dalam kebijakan dan prosedur organisasi, dan kemudian disebarluaskan kepada para pemangku kepentingan.


Pengembangan 

"Tindakan yang diambil untuk membuat suatu sistem informasi yang memecahkan masalah organisasi yang disebut pengembangan sistem". Ini termasuk analisis sistem, desain sistem, pemrograman komputer / implementasi, pengujian, konversi, produksi dan akhirnya pemeliharaan.

Konversi adalah proses mengubah atau mengkonversi sistem lama ke yang baru. Hal ini dapat dilakukan dengan tiga cara dasar:

1· Cut langsung - Sistem baru menggantikan yang lama pada waktu yang ditentukan.


2· Paralel pelaksanaan - baik sistem lama dan baru dijalankan pada waktu yang sama sampai pengembang yakin sistem baru beroperasi dengan benar.

3· Studi percontohan - Memperkenalkan sistem baru untuk sebagian kecil dari operasi untuk melihat bagaimana tarif. Jika hasilnya baik maka sistem baru memperluas ke seluruh perusahaan.

Berikut Link Materi Kuliah Sistem Indormasi Manajemen

Post a Comment