Assalamualaikum wr.wb

Jumpa lagi dengan tulisan saya kali ini, kali ini saya ingin mengepos sebuah artikel dunia perkuliahan. Dengan jurusannya, Jurusan Teknik Mekatronika. 

Dari sejarahnya, Mekatronika lahir di negara Jepang pada tahun 1969. Perusahaan Yaskawa Electric Cooperation lah yang pertama kali mengenalkan ilmu ini. Pada mulanya, perusahaan ini berkembang dalam bidang Feinwerktechnik, yaitu cabang dari teknik yang mengedepankan aspek ketelitian, seperti pada pembuatan jam, alat optik dan sebagainya. Seiring laju dan perkembangan zaman, ilmu Informatika lahir lebih dulu sebagai saudara dekat Mekatronika. Kemudian sampai saat ini mekatronika dipandang sebagai suatu disiplin ilmu teknik yang menggabungkan atau mensinergikan disiplin ilmu mekanika, ilmu elektronika, dan ilmu informatika. Mekatronika dikategorikan oleh Majalah Technology Review pada tahun 2003 sebagai 10 Teknologi yang dalam waktu dekat dapat mengubah hidup kita!

Mekatronika (Jerman: Mechatronik; Inggris: Mechatronic) berasal dari kata mekanika, elektronika dan informatika. Mekatronika adalah suatu disiplin ilmu teknik yang mengkombinasikan sinergi dari teknik mesin, elektronika, teknik komputer yang seluruhnya diintegrasikan untuk melakukan perancangan produk. Keterkaitan disiplin ilmu yang terlibat dalam mekatronika tersebut diatas adalah teknik mesin dengan teknik elektro menghasilkan elektro mekanik, teknik mesin dengan teknik komputer menghasilkan software mesin dan teknik elektro dengan teknik komputer menghasilkan software elektro. Semua produk-produk modern saat ini yang ada dipasaran dibuat dengan latar belakang dari disiplin ilmu tersebut diatas. Jadi, Berdasarkan hasil Musyawarah nasional mekatronika, Bandung 28 Juli 2006, komunitas mekatronika indonesia merekomendasikan definisi Mekatronika sebagai berikut: Mekatronika adalah sinergis IPTEK teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika dan teknik pengaturan (atau teknik kendali) untuk merancang, membuat atau memproduksi, mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Prospek Kerja untuk Jurusan Teknik Mekatronika yang bisa pembaca tekuni setelah lulus dari jurusan ini:

Industri Otomasi

Mahasiswa Jurusan Mekatronika bisa bekerja di industri-industri yang membutuhkan proses otomasi. Misalnya saja industri tenaga perawatan alat-alat medis, industri farmasi, maupun industri otomotif.

Maintenence

Pembaca bisa kerja di pabrik mesin dan berposisi sebagai petugas perbaikan mesin. Soalnya jarang ada dari pihak pemeliharan mesin yang berasal dari jurusan mekatronika. Apalagi dalam realitas kekinian, muncul banyak pabrik sebagai dampak dari Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Guru dan Dosen

Buat mahasiswa jurusan Pendidikan Mekatronika, sudah ada jaminan buat menjadi guru. Tenaga guru untuk mekatronika di Indonesia ini soalnya sudah mulai dibutuhkan. Banyak sekolah yang tidak lagi menjadikan mekatronika hanya jadi bab dalam pelajaran elektronika, tapi sudah berdiri sendiri. Contohnya di SMK Pengasih Bantul. Mahasiswa jurusan mekatronika juga bisa jadi dosen. Syaratnya kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Desainer

Mahasiswa mekatronika juga berpeluang jadi desainer di perusahaan-perusahaan elektronik. Soalnya selain dibekali teknik elektro dan sistemnya, mahasiswa mekatronika juga dibekali dengan kemampuan desain. Desainer ini dalam realitas kekinian makin laris dicari karena perkembangan teknologi yang mulai gila-gilaan,dll.

Oh ya, ada berita bagus yang saya dapat dari salah satu forum ketika sedang mencari refrensi. kabarnya Foxconn mau membangung pabrik di Indonesia, seperti yg kita tau Foxconn salah satu indutri perangkat keras terbesar di dunia selain daripada Quanta, Compal, Wistron, dan ASUS.. dan apabila memang mendirikan pabrik di Indonesia diperkirakan ratusan ribu tenaga kerja bisa terserap..... industri perangkat keras seperti foxconn ni sangat butuh lulusan-lulusan mekatronika dalam pembuatan perangkatnya.

Demikian artikel saya kali ini, kunjungi terus blog karyamud untuk mendapatkan artikel lainnya. Terimakasih...

Wassalamualaikum wr.wb

2 Comments

  1. Terima kasih informasinya... sangat membantu bagi saya yang mau memulai kuliah di jurusan teknik mekatronika universitas trunojoyo madura

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali atas kunjungannya ya, salam

      Delete

Post a Comment