Kelebihan dan Kekurangan Ebook dan Buku - E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. Ebook memiliki banyak format ada yang berformat pdf (portable document format) dan ada juga yang berformat HTM.



Ebook yang berformat pdf cenderung lebih banyak di internet dan dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi adobe reader, acrobat reader dan sejenisnya. sedangkan Ebook yang berformat HTM dapat digunakan dengan cara browsing atau internet explorer secara ofline. Tetapi ada juga ebook yang berformat exe. Namun yang paling banyak dipakai saat ini adalah yang berformat pdf karena lebih gampang digunakan dan lebih mudah mengolah keamanannya.

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Dijaman yang serba canggih ini buku masih menjadi sumber refrensi dari para pembaca dan, mahasiswa yang sedang menyelasaikan tugas skripsinya. Awalnya buku pertama disebutkan lahir di Mesir pada tahun 2400-an SM setelah orang Mesir menciptakan kertaspapirus.

Baca Juga : Aplikasi Pembaca Ebook di PC

Kertas papirus yang berisi tulisan ini digulung dan gulungan tersebut merupakan bentuk buku yang pertama. Ada pula yang mengatakan buku sudah ada sejak zaman Sang Budha di Kamboja karena pada saat itu Sang Budha menuliskan wahyunya di atas daun dan kemudian membacanya berulang-ulang.

Berikut adalah kelebihan dan Kekurangan Ebook dan Buku

kelebihan ebook:
  1. Mudah dalam pengoperasiaanya.
  2. Murah dan dapat ditemukan dibanyak situs internet.
  3. Mudah dalam mencari data yang diperlu, karena terdapat mesin pencari kata.
  4. E-book ramah lingkungan. Dengan menggunakan e-book kita telah menghemat kertas yang dihasilkan dari pohon. Kita pun juga menghemat tinta, karena e-book tidak memerlukan tinta sama sekali.
  5. E-book ANTI RUSAK, selama tidak terkena virus, itu pun juga dapat dibersihkan dengan anti virus. Bayangkan saja dengan buku konvensional yang dapat rusak, sobek, ketumpahan tinta dan berbagai hal yang dapat merusaknya.

kekurangan ebook:
Ebook hampir tidak memiliki kekurangan, tapi dalam hal ini saya ingin menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan:
  1. Membutuhkan suatu perangkat lunak untuk membukanya, baik komputer atau alat lainnya. Sehingga kita membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk membukanya, sedangkan buku biasa dapat langsung kita buka dan tutup sesuka hati .
  2. Mata yang tidak terbiasa untuk membaca di monitor. Hal ini membuat kebanyakan orang cenderung mencetak e-book dengan printer, setelah membaca beberapa halaman dari e-book.

kelebihan buku:
  1. Dapat disentuh, dengan menyentuh buku kita memiliki sensasi sendiri dalam membacanya.
  2. Sumber refrensinya terpercaya, banyak dari kalangan pelajar dan mahasiswa menggunakan buku sebagai media untuk menyiapkan skripsi yang dibuatnya.

kekurangan buku:
  1. Mudah rusak, karena sebuah buku memiliki waktu tersendiri untuk disimpan, mudah sobek, mudah terlipat.
  2. Memerlukan tempat yang besar untuk menyimpan buku.
  3. Membutuhkan perawatan khusus, misalnya dengan menyampulnya, membersihkannya dll. Sehingga perlu mengeluarkan modal.
Demikianlah artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Ebook dan Buku, semoga bermanfaat. 

Post a Comment