Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar pembaca sekalian jumpa lagi dengan artikel saya kali ini. Kali ini di blog karyamud.blogspot.com ini. Disini saya akan membahas sebuah jurusan yang mungkin belum terbiasa terdengar oleh para pembaca sekalian. Padahal dari data yang saya dapatkan jurusan ini memiliki prospek yang sangat bagus bagi para pembaca yang ingin berkuliah dijurusan Teknik Metalurgi dan Material ini. Jurusan yang saya maksud adalah jurusan Teknik Metalurgi dan Material. Jika para pembaca sekalian ada yang berminat untuk mempelajari lebih jauh mengenai jurusan ini atau sekedar ingin tahu saja tentang jurusan ini, Insya Allah akan saya bahas semampu saya dibawah.

Apa Itu Teknik Metalurgi dan Material ?

Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. Sedangkan Teknik Material adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang sifat-sifat bahan dan hubungan antara struktur bahan dan sifatnya serta mempelajari tentang desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu. 

Mata Kuliah Yang Dipelajari:

Beberapa Mata Kuliah yang akan pembaca pelajari jika masuk dijurusan ini adalah pengantar metalurgi, kimia analitik, Mekanika Teknik, Refraktori, Material Lanjut, Pengelasan, Heat Treatment, Pengecoran Logam, Fenomena Perpindahan, Korosi, Coating dan masih banyak lagi. Setelah lulus sebagai sarjana teknik metalurgi/material pembaca sekalian akan mendapatkan gelar S.T. 

Jurusan

Untuk saat ini hanya ada 6 Universitas/Institut di Indonesia yang terdapat jurusan teknik metalurgi dan teknik material yaitu:
1. ITS Surabaya : Teknik Material dan Metalurgi (menjadi satu jurusan)
2. UNJANI Bandung : Teknik Metalurgi
3. ITB : Teknik Material, Teknik Metalurgi (dipecah menjadi 2 jurusan)
4. UI : Teknik Metalurgi dan Material (menjadi satu jurusan)
5. UNTIRTA Banten : Teknik Metalurgi
6. ITSB Bekasi : Teknik Material

Sertifikasi 

Selain bekerja,para pembaca yang merupakan alumni dari sarjana teknik metalurgi dapat mengikuti sertifikasi profesi, seperti Welding Inspector (WI), Welding Engineer (WE), Coating Inspector, Corrosion Inspector. Tujuan sertifikasi tersebut adalah untuk mendapatkan keahlian khusus pada satu bidang tertentu saja.

Note:

Sebagai bentuk solidaritas dan kerjasama antar mahasiswa jurusan teknik metalurgi telah dibentuk Perhimpunan Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material (PPM3I) se-Indonesia

Jika kamu ingin bertanya atau mempunyai ketertarikan di bidang ini, kamu bisa follow atau mention @PM3I

Sekian artikel saya mengenai jurusan semoga bermanfaat dan terus ikuti artikel saya ini untuk update selanjutnya. Data yang ada diartikel ini berasal dari tulisan saya dan dari internet.

Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment